Posted on

Ilmu Selamat

Tik.. Tok… Tik.. Tok…

Jam kayu berbunyi nyaring

terdengar sampai sudut ruangan yang besar nan lusuh ini

 

Kulihat keluar jendela ukir

terdengar jelas

hantaman pedang pasukan abu-abu saling bertabrakan

sesekali terlihat percikan api darinya

 

Aku membawa ilmu di punggungku

aku berjalan di lorong yang panjang

berfikir

entah bagaimana bisa sampi kastil

dengan selamat tanpa cacat sedikitpun

 

Sedangkan mulai bercucuran darah

ketika aku sampai pintu gerbang

 

Dengan sigap aku naiki kuda putih nan montok

pemberian ayah handa tercinta

dengan memakai baju tempur yang tersedia

 

Dengan darah yang membanjiri kota

aku terus memacu kudaku

semakin cepat

cepat

dan cepat

 

Entah secepat apa ..

sampai tidak berapa lama

kumelihat kastil ku

kastil yang berwarna abu abu muda itu

 

Aku semakin cepat

dan berharap ilmu baik-baik saja

 

Sesampainyaku di kastil

bunda memnghampiriku dan

menyuruhku ke kamar

membersihkan diriku

dan…

ilmu

ilmu diurus oleh beliau..

dari kejauhan samar-samar

terdengar suara bunda

dengan ucapan ilmu dan teman-temannya baik-baik saja..

 

Syukurlah aku tidak perlu membeli ilmu atau menggerutu untuk mempunyai ilmu yang baru…

 

Puisi ini dibuat ketika saya berada di bangku SMA, pada saat itu saya dan teman-teman disuruh buat puisi yang asli ide masing-masing dan hanya diberi waktu 30-40 menit dan kemudian dikumpulkan. Untuk minggu selanjutnya puisi itu dibacakan di tengah-ttengah lapangan oleh si pembuatnya. Dan ketika itu saya memiliki ide awalnya tentang hujan. Karena saya tinggal di bogor dimana kota itu sering hujan. Ditambah tempat pembuatan puisi ini di sekolah, jadi saya gabungkan keduanya dan jadilah puisi yang bercerita tentang saya pulang dari sekolah dalam keadaan hujan membawa buku dan hanya memakai motor putih saya. maa kalau puisinya rada-rada :p

 

 

 

Leave a Reply

