Posted on

GOJEK: Perusahaan Yang Bergerak Dibisnis Informatika

Pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis informatika. Dimana pengertian bisnis informatika itu sendiri adalah pekerjaan yang dilakukan individu atau kelompok untuk mendapatkan keuntungan layaknya sebuah bisnis yang  memanfaatkan teknik informatika, contohnya internet ataupun aplikasi yang ada di handphone. Yang kita ketahui zaman sekarang bisnis informatika berkembang pesat contohnya saja onlineshop yang bertebaran di berbagai media sosial, yang punya web sendiri, ataupun di web khusus onlineshop.  Nah perusahaan yang ini memanfaatkan itu dimana dia bukan menawarkan barang tapi lebih menawarkan jasa ojek yang biasanya kita ke pangkalan ojek atau pesan lewat sms ini  bisa pesan lewat aplikasi yang menurut saya itu sangat-sangat memudahkan. Nama perusahaan tersebut bernama GOJEK.

GOJEK perusahaan yang memiliki sebuah slogan yaitu An Ojek For Every Need adalah perusahaan transportasi asal Indonesia yang melayani angkutan manusia dan barang melalui jasa ojek melalui aplikasi yang dengan teknologi location based akan mencarikan driver yang posisinya paling dekat dengan pemesan. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2010 di Jakarta oleh Nadiem Makarim. Layanan GO-JEK tersedia di wilayah Jabodetabek, Bali, Bandung, Makassar dan Surabaya. Hingga bulan Juni 2015, aplikasi GO-JEK sudah diunduh sebanyak 400 ribu kali di Google Play pada sistem operasi Android.

Gojek menawarkan 8 jasa layanan yang bisa dimanfaatkan oleh pelanggan yaitu GO-BOX yang merupakan layanan yang baru di launching pada bulan Oktober ini yang melayan untuk memesan mobil pickup, mobil boks, truk engkel dan truk engkel bokxuntuk antar dan kirim barang dalam jumlah besar, GO-SEND yang merupakan pengiriman barang layaknya JNE atau Sicepat tapi masih dalam 1 kota, GO-RIDE layanan gojek, GO-FOOD seperti delivery makanan, GO-MART yang melayani pembelian barang seperti kita belanja di supermarket atau minnimarket tapi kurir ojeknya yang belanja, dan masih ada yang versi betanya yaitu GO-CLEAN yang seperti layanan pembantu (membersihkan rumah atau kantor atau yang lainnya), GO-GLAM layanan salon dan terakhir GO-MASSAGE yang merupakan layanan untuk memesan tukang pijat.

Pada area jabodetabek kurir ojek menacapai lebih dari 1000 driver. Yang ditulis pada metrotvnews.com pembagian hasil antara kurir ojek dan perusahaan adalah 20/80, 20 untuk perusahaan dan 80 untuk kurir itu diluar dari pesanan makanan jika memilih untuk delivery makanan, itu hanya jasa antar (ojeknya). Soal omset CEO GOJEK menanyampaikan pada media bahwa itu adalah rahasia perusahaan.

Menurut saya walaupun GOJEK sudah banyak pesaing yang masing-masing memiliki kelebihannya sendiri, GOJEK masih yang paling banyak digunakan oleh masyarakat, dan untuk drivernya sendiri sudah menjamur dimana-mana. Karena harga ongkos kurir yang sudah jelas tanpa ada tambahan apapun kecuali jika pelanggannya yang memberikan tambahan dengan suka rela menjadikan salah satu kelebihan gojek yang saya rasakan.

Ditambah di 2 bulan terakhir ini GOJEK menambahkan beberapa layanan yang seperti GO-BOX dan lainnya yang masih berbentuk beta, membuat GOJEK memiliki kelebihan lagi. Dengan adanya produk baru ini juga terdapat promo-promo disitu yang bisa menarik pelanggan lebih banyak lagi, begitu pula para pegawai dan driver, yang mungkin dikedepannya GOJEK ini bisa meluas cakupan wilayahnya sampai seluruh Indonesia.

Sumber:

  1. infogojek.blogspot.co.id/2015/08/apa-itu-gojek.html
  2. infogojek.blogspot.co.id/2015/08/ini-dia-penghasilan-gojek-yang.html
  3. infogojek.blogspot.co.id/2015/08/sejarah-go-jek.html
  4. http://www.go-jek.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s