Posted on

Kita Mencapai Target

Kita Mencapai Target : Pergi Ke Turki

NPM : 50412695

Nama : Ambar Puspitasari Nur Azmi

Dalam hidup ini seseorang pasti memiliki mimpi dan target-targetnya, baik itu target jangka pendek atau jangka panjang, target kecil atau besar, target untuk pengaruh dimasa depan atau tidak. Untuk mencapai target tersebut membutuhkan sebuah rencana dan usaha. Walau ada kasus tertentu yang langsung terjadi atau bisa dikatakan sebagai sebuah “miracle” tapi itu sangat jarang. Banyaknya malah kita perlu usaha yang besar untuk mencapainya, butuh jatuh bangun kalau dibuku biografi mah bilangnya gitu.

Disini saya akan menceritakan sebuah target yang tidak mempengaruhi masa depan saya dimana hanya sebagai “kesenangan” tapi dalam mencapainya mempengaruhi gaya hidup dan pilihan-pilihan yang saya ambil, yaitu traveling ke Turki. Bisa dibilang ini sebagai mimpi besar atau kecil dari sudut pandang masing-masing orang dan dari segi apa orang itu menilai. Untuk saya target ini membutuhkan rencana yang matang dan usaha yang cukup lama khususnya untuk hal uang.

Kalau dari saya dalam segi biaya ya memang tidak murah tapi sebagai sudah diketahui turki adalah salah satu negeri tujuan bagi backpacker jadi kalau dibanding dengan negara eropa lain lebih murah biaya hidup bahkan lebih murah dari beberapa negara asia. Hanya saja memang harga pesawat itu memang g bisa dibilang murah. Apalagi kalau high season bisa dua kali lipat harga low season. Dimana low season itu bulan januari-maret dengan kisaran harga 5-7 juta (tidak promo) dan untuk high season bisa 10 juta keatas. Disini saya membutuhkan usaha untuk mengumpulkan uang dan sering mengecek harga tiket pesawat jauh-jauh hari juga info-info yang dibutuhkan. Contohnya pas kapan enaknya untuk jalan ke turki. Menurut info dari berbagai sumber yang saya terima itu musim semi dan itu lagi high season.

Untuk biaya transportasi antar kota, makan dan penginapan itu tergantung masing-masing. Disini juga dibutuhkan rencana yang matang untuk membuat itenerarynya, dimana ini juga dipakai untuk pengajuan visa. Kita harus cari info di internet baca terus ngebandingin sama sumber yang lain, terus ngitung-ngitung harga. Belum lagi memilih barang yang harus dibawa, jika kurang sesuatu berarti harus keluar uang lagi untuk beli atau bisa pinjam jika ada kenalan yang punya dan mau meminjamkan.

Jadi bisa disimpulkan bahwa untuk mencapai suatu target atau mimpi kita memerlukan rencana yang matang dengan menimbang-nimbang jalan mana atau keputusan mana yang lebih bagus. Dan dari rencana yang sudah dibuat dijalankan bukan hanya sebuah rencana, kita usaha agar target itu terealisasi.

Kalau dalam kasus ini, saya memiliki rencana pergi ke turki, saya buat itenararynya, cari info sana-sini mana yang bagus. Setelah selesai membuat itenararynya, saya membuat rencana gimana bisa terealisasi. Dari gimana ngumpulin duit yang secara ketika saya membuat rencana ini saya masih bergantung pada uang jajan, saya hitung uang jajan saya berapa yang bisa ditabung tiap harinya, terus gimana dapat visa, terus minta izin ke orang tua, nyari barang yang diperlukan. Dan hal ini ga bentar sudah bertahun-tahun dari mulai SMA dan sampai sekarang baru nyaris bisa terealisir.

Tapi juga harus ingat kalau masih ada Tuhan, walaupun sudah usaha semaksimal mungkin tapi ternyata tidak dikehendakiNya kita ga boleh berkecil hati mungkin hal itu terbaik buat kita walau memang saya juga sebagai manusia kadang merasa kecewa jika ada hal yang tidak sesuai harapan. Atau mungkin Allah ngasih jalan yang tidak terduga untuk mencapai target. Jadi jangan terpatok sama satu planning dan membiarkan kemungkinan lain. Contoh seperti teman SMA saya, dia pingin ke Korea Selatan, kita buat rencananya bareng, sama-sama nabung ternyata pas kuliah ujuk-ujuk dia ditawari oleh kampus untuk pertukaran mahasiswa selama 3 bulan kesana dan akhirnya dia merealisasi keinginannya. Soo berdoa aja biar dimudahkan, toh kita manusia selain berikhtiar kita juga harus bertawakal sama Allah kan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s