Rencana Bisnis TIK

Rencana Bisnis TIK : YouAreBeauty

Zaman sekarang perkembangan perangkat mobile bersistem online sangat pesat. Begitu pula perkembangan aplikasi yang mempermudah aktivitas manusia. Seperti belanja kebutuhan masak, hari, ojek, pembantu harian, pesan antar makanan, belanja fashion dan masih banyak lagi. Tapi aplikasi yang memberikan tips-tips kecantikan dan menjual produk kecantikan masih sulit ditemukan.

Karena saya perempuan dan perempuan kebanyakan itu memperhatikan penampilan baik itu apa yang dikenakan ditubuhnya (pakaian) atau tubuhnya itu sendiri (kecantikan). Tapi menurut saya untuk fashion sudah menjamur aplikasinya baik itu yang mengulas tentang tren pakaian terkini atau yang menjual pakaian itu sendiri. So saya memilih tentang kecantikan dan menjual produk kecantikan sebagai bisnis yang akan saya jalani.

Aplikasi ini saya beri nama YouAreBeuty, kenapa? Karena saya menginginkan orang yang mengunduh aplikasi ini bisa mengetahui gimana cara merawat tubuhnya baik itu dengan produk perawatan atau make up yang dijual di aplikasi ini sehingga mereka bisa tampil maksimal, mengetahui tentang dirinya dan menjadi lebih cantik. Bisnis ini termasuk dalam bisnis kelompok karena saya tidak mungkin menjalankannya sendiri.

Dalam rencana bisnis yang saya buat mencakup hal-hal yang perlu diketahui dan target penjualan yang saya dapatkan. Beberapa point yang bisa dicantumkan adalah:

  1. Besarnya modal

    • Modal uang

    • Modal human resource

      • Programmer

      • Graphic designer

      • Marketing

      • Developer

      • Tester

      • Distributor

      • Akuntan

      • Dan lainnya

    • Modal kreativitas

    • Modal perangkat keras

      • Server

      • Jaringan internet

      • Listrik

      • Komputer

      • Printer

  1. Rencana harga jual produk kecantikan

Sesuai merek dan jenis barang yang disesuaikan dengan harga dari distributor

  1. Rencana penjualan produk kecantikan

    • Online

      • Stok

      • Pre-order

    • Konvensional

      • Dijual di toko yang sudah tetrsedia

      • Telepon atau surat

      • Pre-order

  1. Besarnya biaya pengumpulan data produk dan pembelian produk

    Harga produk sesuai dengan harga distributor dan cara kita mendapatkan produk itu. Semakin dikin distributor mempengaruhi harga dan stok barang.

  2. Besarnya biaya pembelian produk

    Biaya ini dilihat dari bagaimana proses pengiriman barang dari distributor

  3. Besarnya biaya pembuatan software

    Dalam membuat software kita menginginkan biaya yang sedikit dengan waktu yang cepat tapi berkualitas tinggi.

Selain itu membuat rencana bisnis juga perlu menggunakan strategi SWOT agar kita dapat mengetahui apa saja kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam bisnis yang akan dibuat. Berikut ini beberapa analisis saya menggunakan SWOT tentang rencana bisnis dalam YouAreBeuty dengan membuat rencana bisnis yang berfokus pada strategi menejemen.

  1. Kekuatan

    Bila melihat orang zaman sekarang yang suka kepraktisan dan belanja online, saya yakin dalam aspek ini tidak perlu dipertanyakan. Terutama perempuan yang suka berbelanja dan mengikuti tren yang ada. Mereka harus memiliki barang yang menunjang penampilan mereka.

    Gambaran umum pasar (STP):

    Segmen pasar merupakan gambaran umum dari konsumen usaha kita. Disini saya menggambarkan konsumen kita hampir semuanya wanita dan sebagian besar diatas usia 20 tahun dan itu sebagai taget saya dan kita harus dapat menempatkan diri dalam pesaing usaha yang sejenis dengan yang akan dibuat. Dimana persaingan dilakukan secara sehat dan tidak menghancurkan pesaing bisnis yang ada.

  2. Kelemahan

    Kelemahan yang perlu diperhatikan:

    • compatibility software dengan OS dan hardware pelanggan

    • kemampuan server menampung data

    • kemampuan pekerja

    • produk yang tersedia sesuai keinginan pasar

    • fleksibilitas data

    • sistem pengiriman barang ke pelanggan

  1. Penawaran

    Yang bisa ditawarkan ke pelanggan yang bisa menarik hati pelanggan bisa dengan banyaknya pilihan dalam satu jenis produk dengan memberikan kelebihan dan kekurangan dari produk yang ada. Melakukan promo untuk produk baru dan diskon pada saat tertentu.

  2. Permintaan

    Menurut saya yang juga pernah menjadi konsumen, pemesanan barang tidak akan sepi peminat jadi kita juga harus memperhatikan stok. Jika barang tersebut dikira kurang laku maka tidak ada penstiokan ulang.

  3. Rencana penjualan dan pangsa pasar

    Rencana penjualan adalah rencana produk yang akan dijual dalam kurun waktu yang tidak ditentukan hanya melihat ketersediaan produk dan minat pelanggan.

Leave a comment