Posted on

Pemodelan Grafik

Desain pemodelan grafik merupakan salah satu teknik dalam pembuatan sebuah objek, membuat sebuah gambar, dan memanipulasi gambar yang sudah ada dimana nantinya akan bisa terlihat seperti hidup yang dimaksud disini dikarenakan bisa bergerak. Yang dimana semua prosesnya dilakukan oleh komputer.

Dalam hal pemodelan grafik pasti tidak jauh dari kata grafik komputer. Yang memiliki makna sebuah proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Dimana model itu sendiri berasal dari beberapa bidang seperti fisik, artistik, matematika sampai stuktur abstrak.

Istilah grafik komputer itu sendiri dibuat pada tahun 1960 oleh William Fetter, dengan penemuannya membentukan desain model cockpit(Boeing) dengan menggunakan pen plotter dan referensi model tubuh manusia 3 dimensi. Pengguna mengendalikan isi, struktur, dan kemunculan objek serta menampilkan citra melalui suatu komponen dasar visual feedback.

Pada zaman sekarang bukan hanya desain 2D saja yang hanya bisa menampilkan sebuah penggambaran dengan tampak depan. Tapi ada pula desain 3D yang terlihat lebih nyata dan sudah marak dimana-mana baik bidang perfileman, iklan, sampai alat kedokteran.

Sejarah dari perkembangan grafik komputer :

Awal tahun 60an: Dimulainya model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik.

1961: Edward Zajac menyajikan suatu model simulasi satelit dengan menggunakan teknologi Grafik Komputer.

1963 : Ivan Sutherland (MIT), menemukan Sketchpad (manipulasi langsung, CAD) Alat untuk menampilkan Calligraphic (vector) Mouse oleh Douglas Englebert.

1968 : Ditemukan Evans & Sutherland.

1969 : Journal SIGGRAPH pertama kali diterbitkan.

1970: Pierre B´eezier mengembangkan kurva B´eezier.

1971: Ditemukan Gouraud Shading,

1972: Ditayangkannya film Westworld, sebagai film pertama yang menggunakan animasi komputer.

1974: Ed Catmull mengembangkan z-buffer (Utah). Komputer animasi pendek, Hunger:Keyframe animation and morphing.

1976: Jim Blinn mengembangkan texture dan bump mapping.

1977: Film terkenal Star Wars menggunakan grafik komputer.

1979: Turner Whitted mengembangkan algoritma ray tracing,untuk pesawat Death Star. Pertengahan tahun 70-an hingga 80-an: Pengembangan Quest for realism radiosity sebagai main-stream aplikasi realtime.

1982: Pengembangan teknologi grafik komputer untuk menampilkan partikel.

1984: Grafik Komputer digunakan untuk menggantikan model fisik pada film The Last Sta Fighter.

1986: Pertama kalinya Film hasil produksi grafik komputer dijadikan sebagai nominasi dalam Academy Award: Luxo Jr. (Pixar).

1989: Film Tin Toy (Pixar) memenangkan Academy Award.

1995: Diproduksi fillm Toy Story (Pixar dan Disney) sebagai film 3D animasi panjang pertama

Akhir tahun 90-an: Ditemukannya teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan dan kedokteran, artistic rendering, image based rendering, path tracing, photon maps, dan lainnya.

2000 : Ditemukannya teknologi perangkat keras untuk real-time photorealistic rendering. Dan sampai sekarang, seperti yang anda ketahui betapa dahsyatnya perkembangan yang muncul di dunia grafik komputer.

Komponen Dasar Sistem Grafik Interaktif :

Masukan : mouse, tablet dan stylus, peralatan force feedback, scanner, live video stream, dan lainnya.

Proses dan Penyimpanan

Keluaran : layar, printer berbasis kertas, perekam video, non-linear editor, dan lainnya.

Konsep Dasar Dari Grafik Komputer:

Pemodelan geometris: Menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D.

Rendering: Memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.

Animasi: Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behavior objek bergantung waktu

Kerangka Grafik Komputer Interaktif:

  • Graphics library/package (contoh: OpenGL) adalah perantara aplikasi dan display hardware (GraphicsSystem)
  • Application program memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics library
  • Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra
  • Citra merupakan hasil akhir dari sintesa, desain, manufaktur, visualisasi dan lainnya.

Pemodelan Geometris:

Transformasi dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa ditampilkan pada suatu komputer :

Shape/bentuk, Posisi, Orientasi (cara pandang), Surface Properties / Ciri-ciri Permukaan (warna, tekstur), Volumetric Properties / Ciri-ciri volumetric(ketebalan/pejal, penyebaran cahaya), Lights/cahaya (tingkat terang, jenis warna) dll.

Dasar Matematika yang Diperlukandalam Grafik Komputer:

Geometry (2D, 3D) : Trigonometry, Vector spaces

Points, vectors, dan koordinat : Dot dan cross products

Elemen-elemen Pembentuk Grafik:

  1. Geometri
  2. Pemrosesan Citra untuk ditampilkan di Layar
  3. Hardware Display Grafik :Vektor dan Raster
  4. Vetor (calligraphic, stroke, random-scan)
  5. Raster (bitmap, pixmap), digunakandalam layar dan laser printer

Tools Pendukung Pemodelan Grafik Komputer :

  1. Aplikasi Pengolah Tata Letak (Layout)

Program ini sering digunakan untuk keperluan pembuatan pamflet, brosur, booklet, poster, undangan dan lain yang sejenis. Program ini mampu mengatur penempatan teks dan gambar yang diambil dari program lain (seperti Adobe Photoshop). Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:

Adobe FrameMaker, Adobe In Design, Adobe PageMaker, Corel Ventura, Microsoft Publisher, Quark Xpress.

  1. Aplikasi Pengolah Vektor/Garis

Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung. Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah:

Adobe Illustrator, Beneba Canvas, CorelDraw, Macromedia Freehand, Metacreations Expression, Micrografx Designer, Inkscape.

  1. Aplikasi Pengolah Pixel/Gambar

Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo retouching). Objek yang diolah dalam progam-program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya, foto. Gambar dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu. Meskipun begitu, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggap sebagai kumpulan pixel. Objek yang diimpor dari program pengolah vektor/garis, setelah diolah dengan program pengolah pixel/titik secara otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk pixel/titik. Yang termasuk dalam aplikasi ini adalah:

Adobe Photoshop, Corel Photo Paint, Macromedia Xres, Metacreations Painter, Metacreations Live Picture, Micrografx Picture Publisher, Microsoft Photo Editor, QFX, Wright Image, Pixelmator, Manga studio, Gimp dan Pos Free Photo Editor.

  1. Aplikasi Pengolah Film/Video

Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah film dalam berbagai macam format. Pemberian judul teks (seperti karaoke, teks terjemahan, dll) juga dapat diolah menggunakan program ini. Umumnya, pemberian efek khusus (special effect) seperti suara ledakan, desingan peluru, ombak, dan lain-lain juga dapat dibuat menggunakan aplikasi ini. Yang termasuk dalam kategori ini adalah:

Adobe After Effect, Power Director, Show Biz DVD, Ulead Video Studio, Element Premier, Easy Media Creator, Pinnacle Studio Plus, WinDVD Creater, Nero Ultra Edition dan Camtasia Studio

  1. Aplikasi Pengolah Multimedia

Program yang termasuk dalam kelompok ini biasanya digunakan untuk membuat sebuah karya dalam bentuk Multimedia berisi promosi, profil perusahaan, maupun yang sejenisnya dan dikemas dalam bentuk CD maupun DVD. Multimedia tersebut dapat berisi film/movie, animasi, teks, gambar, dan suara yang dirancan sedemikian rupa sehingga pesan yang disampaikan lebih interktif dan menarik. Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:

Macromedia, Macromedia Authorware, Macromedia Director, Macromedia Flash, Multimedia Builder, Ezedia, Hyper Studio dan Ovation Studio Pro

 

Pengolah 3 dimensi:

Contohnya : Xara 3D, 3Ds Max, Houdini, Lightware, Blender, Pixar, Maya, Poser, AutoCad dan Zmodeler

 

Software tipografi:

Fontographer dan AMP Font Viewer

 

Sumber:

http://what.my.id/artikel/design/pengertian-konsep-dan-tool-pendukung-grafik-komputer

http://www.arickanjass.com/2013/10/tugas-desain-pemodelan-grafik.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s